Pekerja Keras

lagi-lagi -_-


Karakter adalah pembawaan atau sifat yang ada di dalam diri seseorang, baik itu merupakan pembawaan asli dirinya sendiri ataupun sebuah bentuk adaptasi diri terhadap lingkungannya. Jadi dapat dikatakan bahwa selain asli dari diri seseorang, karakter juga dapat dibentuk secara perlahan-lahan namun dalam waktu yang lama sebagai bentuk pengaruh dari lingkungan. Karakter sangat menentukan kehidupan seseorang karena karakter akan digunakan oleh seseorang dalam dirinya sendiri ataupun dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itulah, dibutuhkan karakter atau sifat yang baik dan sesuai dengan kondisi tempat seseorang berada agar orang tersebut dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi selama hidupnya.

Seluruh orang di dunia ini tentunya memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, namun orang yang memiliki karakter yang sama juga tidak sedikit. Dibutuhkan penyesuaian diri yang baik serta pemanfaatan karakter yang efektif satu sama lain untuk melaksanakan tugas serta menyelesaikan masalah dengan baik. Setelah melaksanakan diskusi kelompok, dan menemukan adanya beberapa perbedaan dan persamaan karakter dalam kelompok kami, maka kami memutuskan untuk mengambil sifat dan karakter pekerja keras sebagai karakter yang ada dalam kelompok kami. Walaupun tipe kerja keras dari anggota kelompok kami tidak sama persis pelaksanaannya karena tergantung kondisi dan motivasi masing-masing, namun kami menyimpulkan bahwa beberapa penerapan karakter yang kami miliki menuju ke arah yang sama yaitu pekerja keras.

Pekerja keras adalah sikap di mana seseorang selalu berusaha untuk melaksanakan tugasnya dengan seluruh kemampuan yang ia miliki. Orang yang pekerja keras juga tidak akan mudah menyerah hingga ia mendapatkan apa yang ia cita-citakan. Seorang yang pekerja keras akan terus berusaha mencari jalan keluar dari apa yang dihadapinya dan dia akan memikirkan cara terbaik yang dapat ia lakukan.

Seorang pekerja keras akan membawa pengaruh baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Bagi dirinya sendiri, dia tentu akan mendapat kesuksesan sebagai hasil kerjanya.Sedangkan bagi orang lain, seorang pekerja keras akan dipercaya dan disukai oleh banyak orang. Selain itu, biasanya seorang yang pekerja keras dapat memberi pengaruh bagi orang-orang di sekitarnya, sehingga orang lain pun turut bekerja keras bersamanya.

Pada dasarnya, orang-orang yang berhasil seringkali dilihat sebagai orang yang pintar dan mendapatkan kesuksesannya dengan bakat dan kepandaiannya. Padahal sesungguhnya daripada disebut pintar, orang-orang ini adalah orang-orang pekerja keras. Seseorang yang pandai, jika ia tidak bekerja giat maka akan percuma dan bakatnya tersia-siakan. Sedangkan seseorang yang tidak begitu pintar dapat lebih berhasil karena kerja kerasnya. Oleh karena itulah, kerja keras lebih dibutuhkan daripada kepandaian dalam mencapai cita-cita.

Hal ini dapat dicontohkan dengan keadaan anggota kelompok kami yang berhasil masuk UI melalui berbagai jalur. Kebanyakan dari kami gagal di ujian pertama yaitu SIMAK. Namun, karena kami pantang menyerah dalam mengejar mimpi, maka kami berhasil masuk UI melalui jalur-jalur berikutnya. Di antara kami, juga ada seseorang yang masuk melalui jalur PPKB, dan ia harus berusaha untuk mempertahankan nilai-nilainya sebagaimana nilai-nilainya lah yang telah membuatnya berhasil masuk UI.

Sifat pekerja keras juga dapat didukung dengan beberapa sifat lain yang juga dimiliki oleh beberapa anggota kelompok kami. Seperti, dapat memberi motivasi, pendengar yang baik, serta ambisius. Orang yang pekerja keras seringkali menemukan kesulitan dalam pekerjaannya dan terkadang mudah stress karena target yang cenderung tinggi. Dengan adanya sifat dapat memberi motivasi, maka seorang pekerja keras akan terus bersemangat dalam melaksanakan tugasnya. Begitu pula dengan adanya pendengar yang baik, maka seorang pekerja keras dapat menceritakan masalahnya dan mendapat nasehat-nasehat mengenai penyelesaian masalah. Seorang pendengar yang baik dapat menambah kualitas hasil kerja seseorang. Kemudian, sifat yang ambisius cukup diperlukan bagi seorang pekerja keras untuk menjaga kekonsistenan mimpinya dan semangat meraih hasil yang paling baik.

Komentar

Postingan Populer