Tips Melewati Musim Hujan dengan Tenang (untuk Mahasiswa :p)

Rainy season is coming to the town!!
Bulan November pun mulai dihiasi dengan hujan setiap harinya di Depok tempat saya berdiam hampir 4,5 tahun terakhir. Biasanya ini jadi musim yang menuai keluh kesal karena hujannya, beceknya, dan segala macam hal yang membuat hidup merantau tidak terlalu nyaman. Tetapi, tentunya dengan berbagai hal yang dapat disiasati, semoga perjalanan kuliah tidak terganggu oleh perubahan musim yaaa.
Iseng-iseng menulis ini, setelah hidup daerah Kukusan Depok selama 4 tahun. Mungkin bisa dimanfaatkan oleh sesama mahasiswa, dimana pun kita menetap :D

1. Sedia Payung Sebelum Hujan
Barang wajib untuk dimasukkan ke dalam tas selain dompet, handphone, atau pun laptop bagi para mahasiswa. Mungkin kalau mau yang agak ekstrem, sekalian saja bawa jas hujan, terutama untuk pengendara motor. Karena kalau sudah basah-basahan, demam pun jadi hal yang menggentayangi dengan mudahnya.

2. Pakai baju yang hangat namun tetap menyerap keringat
Biasanya, kalau musim hujan ditemani dengan cuaca yang panas dengan kelembaban tinggi di siang harinya. Tak ada salahnya menggunakan pakaian yang membuat kita nyaman beraktivitas seharian. Memakai kaos yang menyerap keringat di balik sweater yang tidak terlalu tebal bisa menjadi pilihan yang baik. Mungkin untuk yang lebih tidak bisa mentolerir dingin, bisa diatasi dengan membawa jaket cukup hangat setiap harinya.

3. Memakai alas kaki 'anti hujan' yang nyaman
Saya tidak tahu bagaimana kondisinya di kota-kota lain. Di Depok tempat saya tinggal, saat musim hujan begini, alas kaki berbahan karet menjadi pemandangan umum dimana-mana. Alas kaki seperti ini dengan ukuran yang pas, cukup nyaman dipakai, ringan, dan tentunya bersahabat dengan kondisi jalan yang becek ga ada ojek :p

4. Memakai celana panjang yang nyaman
Khususnya untuk wanita, coba pakai celana panjang yang membuat kaki menjadi hangat. Saya tidak terlalu menyarankan memakai rok panjang karena jalanan yang basah akan membuat percikan air menempel di rok, kecuali ikhlas memiliki tumpukan cucian yang lebih banyak.

5. Menjemur pakaian di tempat yang 'aman'
Saya sempat melewati masa-masa musim hujan beberapa tahun yang lalu dengan kesibukan 'mencuci pakaian sendiri'. Rendam pakaian di waktu malam sebelum tidur. Cuci ringan di pagi hari, dan segera jemur di waktu tidak hujan. Akan lebih baik menjemur di tempat yang memiliki atap namun tetap terkena udara luar sehingga pakaian tidak akan butuh waktu lama untuk kering. Kalau tidak, manfaatkan saja layanan laundry yang ada seperti yang saya lakukan 3 tahun terakhir :p

6. Tetap menjaga kebiasaan hidup dan makan yang sehat
Biasanya, musim hujan diwarnai dengan berbagai penyakit yang ditularkan lewat air, entah demam berdarah, diare, disentri, dan sebagainya. Ini musim dimana kita harus memperhatikan kesehatan lebih di waktu-waktu lainnya. Makan makanan yang hangat, dan hindari minuman dingin. Kalau bisa minum vitamin, atau asupan lain yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti madu. Bangun pagi, karena udara pagi di musim hujan dapat kita manfaatkan untuk menghirup udara yang lebih segar.

Komentar

Postingan Populer