Sosmed, Pilkada, dan Nasi Padang

Datang ke lab terlalu pagi hari ini, dan masih mood maen. Jadilah saya buka blogger dan mulai ketak-ketik.

Sebelumnya saya minta maaf kalau post saya kali ini tidak pakai EYD karena saya lagi males mikir dan edit-edit.

Jadi ceritanya hari ini pilkada Jakarta akan dilaksanakan. Saya udah lama gak mau ikut-ikutan post-post dan share-share berita-berita terkait pilkada Jakarta. Udah sumpek, gak mau nambah-nambahin kayu bakar dalam tungku *eaaa. Makanya belakangan saya lebih pilih share berita bakal ditayanginnya OVA baru Cardcaptor Sakura Arc Clear Card atau kalau mau yang serius dikit, share berita mulai dijualnya daging sapi halal di Gyomu Supa di Jepun. Post-post begini juaraaang banget yang ngeshare atau ngelike atau komen. Coba deh buka berita-berita Anies-Sandi atau Ahok-Djarot, beuh yang ngelike bisa ratusan ribu, yang share sekitar 50ribu lah, yang komen mungkin lebih banyak lagi. Lalu saya iseng buka facebook temen-temen saya yang bukan orang Indonesia, sebut saja orang Jepang. Isi facebook nya foto jalan, foto makan-makan, yah yang enak-enak lah pokoknya. Sehingga saya sampai pada suatu kesimpulan

Orang Indonesia jaman sekarang yang melek sosmed kebanyakan sudah melek politik, atau berusaha memelekkan diri walau pada akhirnya yang dilakuin adalah perang politik di sosmed. Ngejagoin kandidat kesenangan masing-masing. Kalau di kalangan otaku anime dan manga ini kayak perang pairing. Misal yang pada ribut pairing Sakura-Naruto atau Hinata-Naruto. Yah, kurang lebih kayak gitulah.

Image result for nasi padang bungkus
Nasi padang bungkus
source: saribundo,biz
Isu agama sama ras emang paling enak digoreng di Indonesia. Gak tau kenapa. Mungkin karena pada dasarnya bangsa Indonesia ini isinya super majemuk, jadi ada keinginan yang besar di golongan masing-masing untuk bisa survive dengan identitasnya masing-masing. Mungkin banyak dari kita yang takut bakalan punah di negeri sendiri. Makanya banyak muncul istilah 'agama/ras/identitas apapun + isasi'. Islamisasi, kristenisasi. Saya belum pernah denger sih Budhaisasi atau Hinduisasi. Tapi kayaknya bakal seru kalau ada gerakan Jombloisasi MWAHAHAHA. Nah, pas denger istilah-istilah kayak begini ini, mode defensif seseorang atau satu golongan bakal muncul. Pas denger kristenisasi, orang-orang non Nasrani panas-dingin, takut dirinya punah. Begitu pula mungkin pas denger Islamisasi atau mungkin Arabisasi, yang non Islam atau yang gak hobi-hobi banget sama yang berbau Arab juga mencak-mencak. 

Makanya begitu hal yang paling didemenin makhluk-makhluk sosmed (baca: perang politik di sosmed) digabung sama isu SARA, kalau ibarat makan nasi padang itu kayak beli nasi padang bungkus (nasinya banyak) minta ditambah sambel ijo sama sayur nangka. Maknyus. Pedes emang, bikin keringetan, tapi makannya tetep lahap. Nah, tinggal abis itu bakal sakit perut apa gak.

Jadi, untuk teman-teman budiman pengguna sosmed yang saya sayangi, mari kita berdoa saja semoga pilkada Jakarta hari ini berjalan dengan lancar. Mau siapa aja yang menang, anggep aja itu udah takdir Tuhan, udah dari sononya bakal begitu. Gak usah ada sisa-sisa pahit getir di antara kita kalau jagoannya kalah. Move on gitu loh. Banyak urusan yang lebih penting buat diurusin, misal cicilan rumah, gaji yang gak turun-turun, atau sekadar warung padang sebelah sering abis sambel ijonya (ini penting banget). Atau mungkin bisa juga bikin kumpul-kumpul dimana komunitas dua calon cagub-cawagub makan nasi padang bareng sambil ngebahas gerakan Jombloisasi yang mungkin juga harus segera dimulai.

Udah jam 10. Udah harus kerja. 

Ditulis di lab, pas lagi kangen sama nasi padang.


Komentar

Postingan Populer