Mewujudkan Angkatan yang Solid dan Kompak

tugas essay lagi neeeh...kapan selesainya semua ini???


Beberapa waktu terakhir, seluruh sekolah yang ada di Indonesia baik itu adalah SD, SMP, SMA ataupun perguruan tinggi, memulai tahun pelajaran baru dan menerima siswa ataupun mahasiswa baru di tempatnya masing-masing. Angkatan-angkatan baru pun terbentuk di berbagai tingkat sekolah, dan angkatan ini terdiri dari berbagai orang dengan asal yang beragam.

Di tingkat universitas, tentunya angkatan baru in ilebih banyak dan beragam. Universitas biasanya menerima lebih banyak orang daripada tingkatan sekolah-sekolah di bawahnya. Terkadang sebuah universitas dapat menerima tiga sampai empat ribu mahasiswa baru untuk program sarjana, walaupun ini tetap tergantung pada universitas masing-masing. Dengan jumlah yang sebanyak ini, tentunya tidak mudah membentuk sebuah angkatan yang kompak dan dapat bekerja sama dengan baik, apalagi dengan keadaan yang masih sama-sama baru kenal, tentunya akan menjadi penghalang tersendiri bagi mereka untuk lebih akrab. Seringkali, masih ada beberapa orang yang masih malu-malu untuk mencari teman dan mengajak berkenalan seseorang.

Karena sulitnya membentuk angkatan yang kompak jika dilakukan langsung secara tingkat universitas, maka biasanya akan dipermudah dengan mempererat terlebih dahulu hubungan antar mahasiswa di fakultas atau departemen masing-masing. Biasanya, satu departemen berjumlah sekitar seratus orang. Ini tentunya akan lebih mudah daripada empat ribu orang sekaligus. Jika telah mendapatkan kemudahan seperti ini, maka membentuk angkatan yang kompak dan solid pun akan menjadi lebih mudah unutk diwujudkan.

Untuk menjadi sebuah angkatan yang solid, tentunya dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Biasanya di tingkat departemen universitas-universitas telah ada senior-senior yang bersedia membantu dengan menyediakan berbagai acara yang bermanfaat guna untuk mewujudkan angkatan yang solid. Biasanya untuk meningkatkan kekompakan di dalam sebuah angkatan, diadakanlah acara perkenalan, permainan yang menarik dan menantang, misalnya permainan yang harus melibatkan semua anggota angkatan. Memang terlihat sulit untuk dilaksanakan, namun jika tantangan ini berhasil dilaksanakan dengan baik maka akan memberikan kebanggaan tersendiri kepada seluruh anggota angkatan tersebut.

Selain acara perkenalan dan permainan, biasanya senior-senior akan memberikan tugas yang juga harus melibatkan semua anggota angkatan. Tugas-tugas seperti ini, walaupun sulit, mau tidak mau harus tetap dilaksanakan karena sebenarnya di dalamnya tetap ada tujuan tersendiri. Agar semua anggota dalam angkatan ini dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, maka tentunya dibutuhkan seseorang yang berinisiatif, berani dan bertanggung jawab untuk mengambil peran sebagai seorang ketua. Dalam mewujudkan sebuah angkatan yang solid, peran seorang ketua sangat diperlukan. Sebuah komunitas, besar ataupun kecil, tidak akan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik jika tidak ada seorang pemimpin yang berdiri di atasnya untuk memberi arahan kepada anggotanya. Setelah adanya seorang ketua, maka seluruh anggota pun harus menghargai ketuanya sehingga seluruh hal akan dapat berjalan dengan lebih lancar.

Dalam sebuah angkatan, setiap anggota harus melaksanakan tugas yang dilimpahkan kepadanya dengan baik. Anggota angkatan juga harus selalu aktif dalam mencari ataupun menyeberkan informasi yang berguna bagi angkatannya. Jika menemukan sebuah informasi yang baik untuk angkatan, maka anggota angkatan tidak boleh egois dan harus menyampaikannya kepada rekan yang lain. Bahkan terkadang, anggota angkatan juga harus rela berkorban, baik waktu dan tenaga untuk anggota-anggota yang lain. Selain itu, di dalam sebuah angkatan tidak boleh ada rasa ketergantungan kepada seorang tertentu, karena hal ini dapat menyebabkan anggota-anggota lain yang mungkin juga memiliki kemampuan menjadi tidak diperhitungkan, dan mungkin ada beberap orang yang menjadi merasa santai karena merasa telah ada orang yang dapat diandalkan.

Pada akhirnya, di dalam sebuah angkatan haruslah ada rasa percaya dan rasa sedia untuk saling berbagi. Setiap anggota yang ada juga harus berinisiatif dan berusaha memberikan yang terbaik untuk angkatannya karena dalam hidup ini kita tidak dapat selalu mengandalkan orang lain, dan terkadang kita juga harus memulai dari sendiri.

Komentar

Postingan Populer