Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi

sebenernya ini tugas ospek gue...iseng-iseng gue masukin..semoga bermanfaat ^-^



Universitas atau dikenal juga dengan perguruan tinggi adalah sekolah tingkat tinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan di sekolah tingkat menengah. Para lulusan sekolah menengah atas akan dapat masuk ke perguruan tinggi yang mereka inginkan setelah melewati tahap-tahap tertentu sesuai perguruan tinggi masing-masing, misalnya seleksi berkas-berkas administratif dan tes masuk yang sangat ketat. Banyak siswa yang berusaha keras belajar untuk dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi karena belajar di perguruan tinggi sebenarnya adalah langkah awal untuk mencapai cita-cita. Dilihat dari segi persaingan untuk masuk saja, perguruan tinggi sangat berbeda dengan sekolah menengah atas, atau pun sekolah-sekolah lainnya. Perguruan tinggi sebagai tingkatan tertinggi dari sistem belajar mengajar memiliki misi istimewa yang tidak dimiliki sekolah tingkat lain. Misi ini adalah pendidikan, penelitian dan pengabdian yang lebih dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Misi ini adalah misi yang akan diemban dan harus dilaksanakan oleh komunitas pendidikan yang ada di dalam perguruan tinggi tersebut. Ketiga misi ini bukanlah misi yang mudah untuk dilaksanakan dan diwujudkan karena dituntut adanya ketekunan, tekad yang kuat dan kerja sama yang baik antar semua pihak yang terkait.

Misi pertama adalah pendidikan. Maksud dari misi pertama ini adalah, bahwa perguruan tinggi merupakan pusat pendidikan dimana semua yang ada di dalamnya akan selalu menuntut pengetahuan dan pendidikan untuk kemajuan diri dan bangsa. Di perguruan tinggi, tidak hanya mahasiswa yang menuntut ilmu. Para pengajar pun banyak yang menuntut ilmu di tingkat lebih tinggi baik untuk diri sendiri maupun untuk diajarkan pada orang lain.

Misi kedua adalah penelitian. Ilmu pengetahuan, biak yang bersifat alami maupun sosial, merupakan sesuatu yang bersifat dinamis dan selalu berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang berpikiran maju untuk terus mengembangkan diri dan ilmu pengetahuan yang ada dengan melakukan penelitian-penelitian. Dengan adanya penelitian, maka ilmu pengetahuan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan adanya penelitian juga, maka umat manusia akan dapat menyesuaikan dirinya dengan perubahan-perubahan yang terjadi di bumi ini.

Misi ketiga adalah pengabdian. Setelah menuntut ilmu serta pendidikan, mengembangkan diri dengan melakukan penelitian, maka semua hal yang telah dilaksanakan itu pun harus kembali ke masyarakat. Orang-orang yang berada dalam komunitas pendidikan perguruan tinggi harus mengabdikan diri dan ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat, karena sesungguhnya mereka pun berasal dari masyarakat. Ilmu yang dikembangkan dan pada akhirnya hanya disimpan untuk diri sendiri dan hanya digunakan untuk memperkaya diri sendiri adalah sesuatu yang tidak baik, karena sesungguhnya tidak semua orang berkesempatan sama dalam mendapatkan pendidikan yang baik. Maka dari itu, dibutuhkanlah pengabdian yang tulus kepada masyarakat sehingga bangsa yang bersangkutan pun dapat memperbaiki kualitas hidupnya dalam berbagai aspek.

Tridharma perguruan tinggi ini adalah tujuan utama dari diadakannya sebuah perguruan tinggi dengan komunitas pendidikan tepat di tengah, khususnya para mahasiswa. Mahasiswa adalah orang-orang berpendidikan yang akan membantu bangsanya dalam mewujudkan tiga misi di atas. Oleh karena itulah para mahasiswa memiliki tempat dan peran tersendiri baik di perguruan tinggi maupun di lingkungan masyarakat bahkan negaranya.

Peran mahasiswa yang pertama adalah sebagai Agent of Change yaitu agen perubahan. Mahasiswa dituntut dapat membawa perubahan yang bermanfaat bagi masyarakatnya. Dengan adanya perubahan ini maka masyarakat tidak akan terjebak dalam kehidupan yang statis dan tidak berkembang. Bahkan mahasiswa telah membuat perubahan besar dalam sejarah bangsa Indonesia dengan jatuhnya sebuah rezim pemerintahan. Dengan contoh ini, maka dapat diketahui bahwa sesungguhnya mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan yang manfaatnya akan kembali kepada masyarakat.

Peran yang kedua adalah sebagai Iron Stock. Maksud dari Iron Stock adalah, bahwa mahasiswa merupakan stok atau persediaan untuk sebuah kelanjutan kehidupan masyarakat, di mana persediaan ini harus diletakkan dan dimanfaatkan sesuai bidangnya masing-masing. Dengan pemanfaatan diri sesuai bidang masing-masing, maka diharapkan akan adanya keteraturan dalam kehidupan masyarakat.

Peran yang terakhir adalah sebagai Moral Force. Mahasiswa dengan moral dan akhlaknya yang baik dan beradab sesuai norma-norma yang berlaku diharapkan dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat di sekitarnya. Dengan berperannya mahasiswa dalam hal ini, perbaikan moral bangsa menjadi lebih baik pun akan dapat dicapai.

Pada akhirnya mahasiswa, dalam berbagai aspek harus dapat memberikan kebaikan dalam berbagai bentuk kepada masyarakatnya. Sebagai warga perguruan tinggi dan dengan tanggung jawab yang tinggi, maka peran mahasiswa dalam mencapai tridharma perguruan tinggi akan membawa kemajuan bagi bangsa.

Komentar

Postingan Populer